Saham Asia Mengawali Tahun ini dengan Beragam, Manufaktur China Melemah


 

Pasar Asia-Pasifik diperkirakan akan mengalami awal tahun yang beragam, dengan data resmi dari Tiongkok pada akhir pekan menyoroti kontraksi yang semakin dalam di sektor manufaktur.

Data resmi menunjukkan PMI manufaktur Tiongkok mengalami kontraksi lebih lanjut pada bulan Desember 2023, yang merupakan tanda bahwa lebih banyak dukungan kebijakan mungkin diperlukan untuk menghidupkan kembali perekonomiannya.

Jepang sedang memperkirakan kerusakan akibat gempa bumi dahsyat yang melanda wilayah tengahnya pada Hari Tahun Baru. Pasar di wilayah tersebut tutup hingga 4 Januari.

Hampir 100.000 orang diperintahkan untuk mengungsi, dan setidaknya satu orang dilaporkan tewas akibat gempa yang berkekuatan awal 7,6 skala Richter.

Indeks Nikkei 225 Jepang menutup tahun 2023 dengan kenaikan lebih dari 28%, menjadikannya pasar dengan kinerja terbaik di Asia.

Indeks S&P/ASX 200 Australia tergelincir sedikit di awal perdagangan, sementara indeks Hang Seng Hong Kong berjangka berada di 17,160, menunjukkan pembukaan yang lebih kuat dibandingkan dengan penutupan HSI di 17,047.39.




Sumber : kp-press.com