Emas Naik Karena Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga Fed

 


Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada hari Selasa (2/1) karena ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve akan segera mulai memangkas suku bunga.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari naik 1,60 dolar AS atau 0,08 persen, menjadi ditutup pada 2.073,40 dolar AS per ons.

Pasar secara umum memperkirakan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Maret. Oleh karena itu prospek emas secara lebih luas tetap optimis.

Pasar emas harus bersiap menghadapi volatilitas minggu ini karena sejumlah indikator ekonomi akan dirilis, termasuk laporan pekerjaan pada hari Jumat. Risalah pertemuan Federal Reserve bulan Desember akan dirilis pada hari Rabu.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur AS Global S&P yang disesuaikan secara musiman mencatat 47,9 pada bulan Desember, turun dari 49,4 pada bulan November dan lebih rendah dari perkiraan awal yang dirilis sebelumnya sebesar 48,2.

Perak untuk pengiriman Maret turun 13,30 sen atau 0,55 persen menjadi ditutup pada 23,953 dolar AS per ons. Platinum untuk pengiriman April turun 10,90 dolar AS atau 1,08 persen menjadi ditutup pada 998,30 dolar AS per ons.




Sumber : kp-press.com