Saham Rebound karena Perekonomian Menunjukkan Tanda-Tanda Mendingin



Saham-saham AS melambung tinggi setelah data pada hari Kamis (21/12) mengisyaratkan perekonomian menuju ke arah yang benar, sehingga memperkuat spekulasi penurunan suku bunga yang lebih dalam dari Federal Reserve.

Indeks Nasdaq 100 bertambah 0,9%, setelah aksi jual kemarin menjatuhkannya dari rekor tertingginya. Indeks S&P 500 naik 0,7%, yang mempertahankan kenaikan yang menempatkan indeks acuan tersebut pada jalur kenaikan mingguan kedelapan secara beruntun, kenaikan beruntun terpanjang dalam lebih dari lima tahun.

Di antara saham-saham yang memperoleh keuntungan tertinggi (top gainer) adalah Micron Technologies Inc. dan Cintas Corp., yang keduanya naik lebih dari 6% setelah pendapatan kuartalannya melampaui perkiraan. Salesforce Inc. terangkat oleh prediksi Morgan Stanley bahwa perusahaan perangkat lunak tersebut akan melonjak ke rekor tertingginya.

Reli obligasi global melambat karena imbal hasil (yield) obligasi AS bertenor dua tahun berada di sekitar 4,34%, dan imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun naik tipis menjadi 3,87%.

Sementara produk domestik bruto (PDB) direvisi lebih rendah menjadi kenaikan tahunan sebesar 4,9% pada kuartal ketiga, mengikuti proyeksi para ekonom, menurut perkiraan ketiga pemerintah pada angka tersebut pada hari Kamis. Permohonan awal untuk asuransi pengangguran AS pekan lalu naik kurang dari perkiraan, dan tetap mendekati posisi terendah dalam sejarah.



Sumber : kp-press.com