Emas Naik ke Tertingginya Enam Bulan Jelang Lelang Utama Treasury AS

 


Emas naik ke level tertinggi sejak bulan Mei karena dolar terus melemah menjelang lelang Treasury yang diperkirakan akan menunjukkan apakah pasar obligasi AS siap untuk bangkit kembali.

Emas batangan ditutup di atas $2.000 per ons pada hari Jumat, membatasi kenaikan mingguan kedua dan memperkuat keyakinan bahwa harga yang lebih tinggi dapat dibenarkan. Logam ini mendapat dukungan pada paruh kedua bulan November karena lemahnya data ekonomi AS yang menambah ekspektasi penurunan suku bunga lebih awal oleh Federal Reserve tahun depan.

"Penutupan hari Jumat di atas $2.000 per ons telah memberikan momentum tambahan pada pasar," kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank A/S. Emas mungkin juga mengikuti kenaikan yang lebih besar pada logam sejenisnya, perak, tambahnya.

Suku bunga yang lebih rendah biasanya baik untuk aset yang tidak memberikan imbal hasil seperti logam mulia. Pada Senin nanti, para pedagang akan menantikan lelang Treasury untuk mengukur apakah investor yakin aksi jual obligasi tahun ini telah berakhir.

Sebagian besar ahli strategi Wall Street memperkirakan bahwa tren imbal hasil yang lebih rendah akan bertahan dan membuka peluang bagi kenaikan secara luas pada tahun 2024. Sementara itu, pendapatan pribadi, harga inti, dan angka klaim pengangguran mingguan akan dirilis akhir pekan ini.

Harga emas di pasar spot naik 0,7% menjadi $2,015.07 per ons pada pukul 9:16 pagi di London, setelah naik lebih dari 3% selama dua minggu sebelumnya. Indeks Bloomberg Dollar Spot melemah 0,1%, menyusul penurunan mingguan berturut-turut yang pertama sejak bulan Juli. Perak naik 1,9%, sementara platinum dan paladium juga menguat.



Sumber : kp-press.com