Emas Naik ke Tertinggi dalam Lebih dari Tiga Tahun seiring Dolar dan Imbal Hasil Melemah


 

Emas ditutup pada level tertinggi dalam lebih dari tiga tahun pada hari Rabu (29/11) karena dolar melepaskan kenaikan awal setelah pertumbuhan produk domestik bruto AS kuartal ketiga yang direvisi bahkan lebih tinggi dari kenaikan 4,9% yang dilaporkan pada awalnya, sementara imbal hasil treasury yang lebih rendah juga memberikan dukungan.

Emas untuk pengiriman Februari ditutup naik US$6,90 menjadi US$2.067,10 per ounce, tertinggi sejak lebih dari tiga tahun.

Pertumbuhan PDB kuartal ketiga AS direvisi hingga 5,2% oleh Biro Analisis Ekonomi AS, di atas ekspektasi konsensus untuk kenaikan 5%, menurut Marketwatch.

Dolar naik pada awal setelah data tersebut dirilis, namun turun kembali pada perdagangan selanjutnya. Indeks dolar ICE terakhir terlihat turun 0,1 poin menjadi 102,74.

Imbal hasil Treasury melemah, menurunkan biaya kepemilikan emas. Surat utang AS bertenor dua tahun terakhir terlihat turun 7,5 basis poin menjadi 4,66%, sedangkan obligasi bertenor 10 tahun membayar 4,268%, turun 5,7 basis poin.




Sumber : kp-press.com