Harga emas spot bergerak tipis ke US$ 1.864 per ons troi pada pagi ini (17/12)

 

PT KP PRESS - Harga emas spot stabil mendekati level tertinggi dalam satu minggu karena investor menyambut kemajuan pembicaraan tentang kesepakatan stimulus Covid-19 di Amerika Serikat (AS). Posisi emas pun masih diuntungkan setelah Federal Reserve berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah sampai pemulihan ekonomi berjalan lancar.

KONTAK PERKASA FUTURES - Kamis (17/12) pukul 08.45 WIB, harga emas spot sedikit bergerak ke US$ 1.864,36 per ons troi. Harga mulai mendekati level tertinggi satu minggu yang berada di level US$ 1.865,50 per ons troi.Sementara itu, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2021 naik 0,5% menjadi US$ 1.867,80 per ons troi. 

PT KONTAK PERKASA - Pergerakan emas masih mendapat sentimen dari hasil negosiasi di Kongres AS yang menunjukkan tanda-tanda positif terhadap "paket bantuan Covid-19 senilai US$ 900 miliar, termasuk US$ 600 hingga US$ 700 untuk  pemeriksaan stimulus dan tunjangan pengangguran yang diperpanjang. Diharapkan, kesepakatan terkait paket stimulus ini akan tercapai sesuai tenggat waktu pada Jumat (18/12). 

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Menambah keunggulan emas datang karena The Fed kembali menegaskan akan mempertahankan kebijakan suku bunga rendah yang berada di dekat nol selama bertahun-tahun mendatang. The Fed secara lebih eksplisit berjanji untuk melanjutkan program pembelian obligasi sampai "kemajuan substansial lebih lanjut" dalam memulihkan lapangan kerja penuh dan pencapayan target inflasi di 2%. 

Pemulihan ekonomi AS pun kembali terlihat melambat setelah penjualan ritel AS turun lebih dari yang diharapkan pada bulan November lalu. Saat ini, pelaku pasar menunggu kebijakan Bank of England (BoE), yang diharapkan menahan diri untuk stimulus lebih lanjut jelang Brexit tanpa kesepakatan yang mungkin terjadi. Hal tersebut diperkirakan bakal memperdalam masalah ekonomi yang sudah dihempas oleh pandemi. 

Source : kontan.co.id