Harga emas spot masih naik di US$ 1.950,07 per ons troi

PT KP PRESS - Harga emas bergerak menguat. Mengutip Bloomberg, Senin (14/9) pukul 10.10 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.950,07 per ons troi, menguat 0,49% dari posisi akhir pekan lalu.

KONTAK PERKASA FUTURES - Harga emas tercatat menguat 0,48% dalam sepekan terakhir meski turun cukup dalam jika dibandingkan dengan dua pekan lalu. Pada pekan lalu, European Central Bank (EB) tidak mengumumkan stimulus tambahan dan tidak menyinggung soal penguatan nilai tukar euro.

PT KONTAK PERKASA - Hal ini menyebabkan harga emas flat cenderung turun. Sementara itu indikator ekonomi menunjukkan pemulihan yang panjang dan sulit akibat pandemi. 

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Data terakhir indeks harga konsumen AS bulan Agustus naik lebih tinggi daripada prediksi. "Meski perkembangan vaksin Covid-19 dan perbaikan ekonomi menekan harga emas, suku bunga yang rendah dan negatif, pelemahan nilai tukar dolar AS serta ekspektasi lebih besar di AS bisa menjadi penopang kenaikan harga emas," ungkap Standard Chartered dalam catatan yang dikutip Reuters.

CEO Pfizer Inc Albert Bourla mengatakan kemungkinan AS akan meluncurkan vaksin Covid-19 ke publik sebelum akhir tahun. Perusahaan farmasi ini pun bersiap untuk skenario tersebut.  

Source : kontan.co.id