Kenaikan harga minyak masih tertahan corona dan konflik geopolitik


PT KP PRESS - Harga minyak menguat tipis di awal perdagangan hari ini setelah kemarin tergelincir. Jumat (24/7) pukul 7.31 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2020 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 41,12 per barel, naik 0,13% dari harga penutupan kemarin. Harga minyak WTI kemarin merosot 1,98% dari harga US$ 41,90 per barel. Dalam sepekan terakhir, harga minyak WTI tercatat naik 0,91%.

KONTAK PERKASA FUTURES - Sejalan, harga minyak Brent pun masih menguat 0,51% dalam sepekan terakhir. Harga minyak Brent untuk pengiriman September 2020 di ICE Futures pagi ini berada di US$ 43,36 per barel, menguat 0,11% dari harga kemarin yang tergerus 2,21%. Sejumlah katalis negatif menjadi menyebabkan harga minyak sulit naik dari sekitar level saat ini. Kongres Amerika Serikat (AS) masih membahas kesepakatan stimulus. Pembahasan yang dimulai awal pekan ini belum juga membuahkan hasil.

PT KONTAK PERKASA - Apalagi, data terbaru Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa tingkat pengangguran AS masih tinggi dengan klaim pengangguran yang meningkat pada pekan lalu. Ini adalah peningkatan klaim tunjangan pengangguran pertama dalam hampir empat bulan terakhir. Pada Kamis (23/7), kasus virus corona di AS mendekati 4 juta kasus. "Tren kasus corona kemungkinan akan menghasilkan revisi prediksi pertumbuhan permintaan minyak dari pengamat dalam waktu dekat, termasuk kami, terutama untuk kuartal keempat," kata Bjonar Tonhaugen, head of markets Rystad Energy kepada Reuters.
 
PT KONTAK PERKASA FUTURES - Permintaan minyak pun bisa tertekan dengan kenaikan tensi geopolitik AS-China. AS memberi waktu 72 jam bagi China untuk menutup konsulat di Houston dengan tuduhan mata-mata. Sementara Kementerian Luar Negeri China mengungkapkan bahwa langkah AS merusak hubungan dan China akan membalas.

Source : kontan.co.id