Harga emas turun tipis dihadang penguatan indeks dolar AS


PT KP PRESS - Harga emas turun tipis di perdagangan awal pekan ini karena indeks dolar Amerika Serikat (AS) menguat. Tetapi kekhawatiran tentang lonjakan kasus harian virus corona dan dampaknya terhadap ekonomi global membuat aset safe haven seperti emas masih berada di level psikologis di US$ 1.800 per ons troi.  Mengutip Reuters, Senin (20/7) pukul 10.20 WIB, harga emas spot turun 0,1% menjadi US$ 1.807,55 per ons troi. Serupa, harga emas berjangka juga melemah tipis 0,1% menjadi US$ 1.808,30 per ons troi. 

KONTAK PERKASA FUTURES - "Ada indikasi teknis bahwa indeks dolar AS menguat dan itu mungkin mengapa kita melihat pedagang di pasar emas membuka harga seperti saat ini," kata Michael McCarthy, Kepala Strategi CMC Markets.  "Tidak ada keraguan bahwa kita berada dalam up trend jangka menengah untuk emas. Tampaknya ada segmen investasi komunitas yang tetap tidak yakin tentang pemulihan dan mereka membeli emas," lanjut McCarthy.

PT KONTAK PERKASA - Asal tahu saja, hari ini, indeks dolar AS terlihat naik 0,2% terhadap para pesaingnya. Hal ini membuat harga emas lebih mahal untuk pemegang mata uang lainnya. Padahal, di saat uang sama, lonjakan kasus virus corona di Negeri Paman Sam yang terus melonjak menambah kekhawatiran atas pemulihan ekonomi global dari dampak pandemi. Menurut perhitungan Reuters, sudah lebih dari 14 juta orang terinfeksi di seluruh dunia. Menggarisbawahi dampak virus corona, ekspor Jepang jatuh 26,2% seara tahunan pada bulan Juni lalu. Berdasarkan data Kementerian Keuangan Jepang, ini adalah bulan keempat secara beturut-turut, ekspor Jepang jatuh dua digit. 

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Pelaku pasar kini sedang menanti isyarat dari KTT Uni Eropa yang dikabarkan siap memberikan stimulus di sektor perdagangan yang diusulkan capai US$ 858,30 miliar guna pemulihan ekonomi . "Pasar emas juga menjadi kecanduan stimulus besar dari langkah-langkah dari bank sentral untuk menyediakan kelebihan likuiditas dan yang telah mendorong ekspektasi," jelas analis Phillip Futures kata dalam sebuah catatan.

"Bank sentral mungkin mengecewakan investor emas jika bankir merasakan tanda-tanda inflasi atau kemajuan ekonomi," lanjutnya. Spekulan mengurangi posisi bullish mereka di emas COMEX dan meningkatkannya dalam kontrak perak dalam seminggu hingga 14 Juli.

Source : kontan.co.id