Harga emas melanjutkan rally, terdorong kekhawatiran perlambatan ekonomi global


PT KP PRESS - Harga emas terus melanjutkan rally dan kembali mencetak rekornya pada Senin (27/7). Pukul 07.10 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.938,90 per ons troi, naik 0,71% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 1.925,20 per ons troi.

KONTAK PERKASA FUTURES - Mengutip Bloomberg, kenaikan harga emas didorong oleh pelemahan dolar dan kekhawatiran ekonomi global yang mendorong permintaan aset safe haven. Dolar AS melemah di tengah pertaruhan bahwa Federal Reserve akan menjaga kebijakan moneter yang akomodatif dalam pertemuan pekan ini. 

PT KONTAK PERKASA - Selain itu, kenaikan harga emas juga didorong oleh ketegangan geopolitik antara AS dan China yang terus meningkat. "Kekhawatiran perlambatan ekonomi global karena perseteruan AS-China mungkin akan menyebabkan pemerintah dan bank sentral berbagai negara dunia memperpanjang stimulus," kata Tai Wong, head of base and precious metals derivative trading BMO kepada Reuters.
 
PT KONTAK PERKASA FUTURES - China menyerukan agar AS untuk menutup konsulat di Chengdu. Ini adalah balasan setelah AS menyerukan agar China menutup konsulat di Houston.

Source : kontan.co.id