Minyak WTI anjlok hampir 6%, OPEC+ menunda pertemuannya


PT KP PRESS - Harga minyak mentah jatuh lebih dari 1% pada perdagangan Senin (6/4). Setelah negara-negara pengekspor minyak memutuskan menunda pertemuan pembahasan pemangkasan produksi untuk mengatasi masalah kelebihan pasokan.

KONTAK PERKASA FUTURES - Mengutip Bloomberg, pukul 9.23 WIB, minyak Brent pengiriman Juni 2020 anjlok 3,46% ke level US$ 32,93 per barel. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Mei 2020 anjlok 5,89% ke US$ 26,67, setelah sebelumnya menyentuh level terendah US$ 25,28 per barel.

PT KONTAK PERKASA - Akhir pekan lalu, harga minyak mentah melonjak, dengan minyak WTI dan Brent membukukan kenaikan persentase mingguan terbesar mereka didukung harapan bahwa OPEC dan mitra akan mencapai kesepakatan untuk memotong pasokan minyak mentah di seluruh dunia. Setidaknya 10 juta barel per hari (bph).

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Awalnya pertemuan akan berlangsung awal pekan ini, tetapi ditunda ke 9 April.  Setelah mereka saling menyalahkan atas gagalnya pembicaraan pada bulan Maret. "Hanya butuh penundaan dalam pertemuan antara Saudi dan Rusia untuk mengetuk angin dari reli itu", kata Michael McCarthy, kepala strategi di CMC Global Markets di Sydney.

Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan mengenakan tarif pada impor minyak mentah jika perlu untuk mendukung sektor minyak AS. Kepala Badan Energi Internasional mengatakan persediaan minyak masih akan naik 15 juta barel per hari di kuartal kedua bahkan dengan pengurangan produksi 10 juta barel per hari.

Source : kontan.co.id