Aksi ambil untung kikis kilau emas spot

PT KP PRESS - Setelah mencetak harga tertinggi sejak Februari 2013, harga emas kembali koreksi. Mengutip Bloomberg, Selasa (25/2), harga emas spot berada di level US$ 1.648,53 per ons troi. Ini membuat harga si kuning melemah 0,65% dibanding penutupan Senin (24/2) yang mencapai US$ 1.659,38 per ons troi. Ini juga menjadi rekor harga tertinggi emas spot selama tujuh tahun terakhir.

KONTAK PERKASA FUTURES - Aksi ambil untung menjadi sentimen yang menyeret harga emas di awal perdagangannya. Mengingat di awal pekan ini, harganya sudah melonjak 0,97% dibanding akhir pekan lalu. Sebenarnya harga emas pun masih berada di level tertinggi. Terlebih setelah tiga indeks utama Wall Street anjlok lebih dari 3% pada penutupan perdagangan Senin (24/2). 

PT KONTAK PERKASA - Investor pun terlihat mulai melakukan aksi jual terhadap aset berisiko seperti saham dan kembali masuk ke aset safe haven seperti emas dan US Treasury. Namun, sentimen utama dari keperkasaan emas datang dari lonjakan kasus virus corona yang terjadi di Korea Selatan, Italia dan Iran. Walau sudah merambah keluar China, World Health Organazation (WHO) masih enggan menyebut penyebaran virus corona sebagai pandemi. 

PT KONTAK PERKASA FUTURES - "Kami harus fokus pada penahanan penyebaran sambil mempersiapkan kemungkinan pandemi,"  kata Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Pandemi virus corona belum dapat dikatakan lantaran, penyebarannya masih bisa dikendalikan dan tidak ada kematian dalam skala besar dalam waktu yang sempit.

Source : kontan.co.id