Semarak Pakaian Adat di Upacara Detik-detik Proklamasi Peringatan HUT 74 RI

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Presiden Joko Widodo dan para tamu negara dalam Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia mengenakan beragam  pakaian adat berbagai suku di Indonesia. Jokowi sendiri mengenakan pakaian adat Bali berasal dari Klungkung yang berwarna hitam dengan brokat emas, lengkap dengan kain dan hiasan kepala juga dengan motif emas.

PT KONTAK PERKASA FUTURES - "Kita kan sudah lima tahun ini ganti-ganti, dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," ungkap Presiden di samping Istana Merdeka Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2019, sesaat sebelum pelaksanaan upacara, seperti dilansir dari kantor berita Antara.
Mendampingi Presiden, ibu negara, Iriana Joko Widodo, terlihat mengenakan kebaya dengan aksesoris pakaian adat Batak Simalungun. Itu terlihat dari aksesoris kepala, disebut bulang, yang digunakannya dengan nuansa merah serasi dengan warna kebaya. Terlihat, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah Jusuf Kalla, juga mengenakan pakaian adat.

Jokowi mengatakan, ia masih akan mengenakan lebih banyak pakaian adat pada perayaan-perayaan hari nasional lainnya di waktu mendatang. "Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita (tunjukkan)," ucap Presiden Jokowi sambil tersenyum.

Tamu negara dengan beragam busana adat

Begitupun para tamu negara yang hadir dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia itu. Para menteri Kabinet Kerja, pemimpin partai politik, keluarga presiden dan wakil presiden RI sebelumnya, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, hingga wakil presiden terpilih 2019-2024 KH Ma'ruf Amin juga mengenakan berbagai baju adat. Seperti Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan istrinya, Annisa Pohan. Mereka hadir mengenakan baju adat Sumatera Barat berwarna hijau. Ketika keduanya tiba di sisi Istana Merdeka, kebetulan Presiden Joko Widodo sedang bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra. Ethes pun terlihat langsung melonjak dan berusaha bersalaman dengan Annisa sampai akhirnya keduanya berfoto bersama.

Tamu-tamu lain juga mengenakan baju daerah. Misalnya Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, yang mengenakan baju adat lampung berwarna putih dan hiasan kepala emas, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, yang juga mengenakan baju adat Lampung sedangkan istrinya mengenakan baju kurung Sulawesi Selatan warna merah jambu, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengenakan pakaian dari Sumatera Utara.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, terlihat mengenakan kebaya modern warna biru terang dengan kain batik jawa. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengenakan baju adat Lampung dengan warna merah keunguan.
Sedangkan, Wakil Presiden terpilih 2019-2024, KH Ma'ruf Amin, dan istrinya, Wury Estu Handayani, tampak mengenakan beskap Melayu, kopiah dan celana panjang. Hal itu berbeda dengan tampilan kesehariannya yang mengenakan sarung.

Wakil Presiden 1993-1998, Try Sutrisno, menyatakan bahwa ia mengenakan baju adat khas Indonesia berpakaian beskap dan celana panjang dililit sarung serta kopiah khas Bangka Belitung. "Dirgahayu Indonesia, semoga tetap kuat, terus adil dan makmur," kata Try Sutrisno. Putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan sang cucu, Jan Ethes Srinarendra, juga kompak mengenakan pakaian adat Bali seperti Jokowi. dengan berbagai warna dan corak. Gibran mengenakan kemeja putih dan ikat kepala cokelat dilengkapi kain tenun warna-warni dengan suasana lebih santai, sementara Ethes mengenakan beskap kuning, sarung kuning, dan variasi kain ungu serta hiasan kepala warna ungu.

Source : pikiran-rakyat.com