Listrik Padam Lumpuhkan Aktivitas Masyarakat

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Daerah Jawa bagian barat hingga tengah mengalami padam listrik akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi ungaran dan pemalang 500 kV. Kejadian tersebut berdampak pada lumpuhnya aktivitas masyarakat. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, gangguan transmisi itu mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan. Hal itu diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Made mengatakan, gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV juga mengakibatkan padamnya sejumlah  Area Jawa Barat. "Kondisi tersebut mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian jawa barat dan jawa tengah mengalami pemadaman," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu, 4 Agustus 2019.
Made mengatakan, PLN memohon maaf sebesar besarnya untuk pemadaman listrik yang terjadi. Saat ini, pihaknya tengah melakukan normalisasi aliran listrik. "Bahkan benerapa gardu induk sudah berhasil menyala," ujarnya.

Pemadaman listrik tersebut berdampak pada lumpuhnya sebagian aktivitas masyarakat. Bahkan sinyal telekomunikasi di beberapa wilayah pun sempat hilang.
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan perangkat jaringan terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan alitan listrik tersebut. Telkomsel langsung melakukan inventarisir jumlah perangkat jaringan yang terganggu dan memastikan cadangan energi berfungsi secara maksimal.

"Kami akan terus melakukan monitor kondisi perangkat jaringan dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi," ujarnya.
Gangguan aliran listrik juga berdampak pada layanan keuangan. Sebagian anjungan tunai mandiri (ATM) tidak berfungsi sejak adanya padam listrik.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas, mengatakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan. Sebab, daya tahan baterai (UPS) hanya untuk 1-2 jam.
Dia mengatakan, Bank Mandiri, terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola-pengelola gedung untuk memastikan dan memonitoring ketersediaan pasokan listrik. Dengan demikian, ATM dan EDC Bank Mandiri bisa berfungsi secara normal.

"Mandiri online juga tetap berjalan normal. Namun, layanan ini dapat terimbas jika jaringan seluler di lokasi nasabah terganggu,"ujarnya.
Tidak hanya itu ,aktivitas masyarakat lainya juga ikut terdampak akibat  padam listrik. Misalnya saja pemadaman lalu lintas yang menyebabkan kemacetan.

Source : pikiran-rakyat.com