Empat Ponsel Penguasa Pasar Asia Tenggara, Mulai Samsung Galaxy A10 Sampai Redmi Note 7

PT KONTAK PERKASA - Ponsel Samsung, Oppo, Vivo dan Redmi masih menjadi gadget yang masih paling diminati di Indonesia. Bahkan di Asia Tenggara  produk ponsel ini juga menjadi tren di kalangan masyarakat.
Bahkan Canalys menyebut, pasar smartphone Asia Tenggara termasuk pasar yang sangat fluktuatif.

PT KONTAK PERKASA - Sebab, pasar Asia Tenggara tidak memiliki tingkat loyalitas yang tinggi, mereka hanya melihat keuntungan dengan melihat harga dan spesifikasi Hp yang ditawarkan.
Secara spesifik Canalys menyebut range Rp 1,5 hingga Rp 2 jutaan sebagai Hp terlaris.

Dilansir  tribunnews.Com dari Nextren dalam artikel 'Inilah 5 Hape Paling Diminati di Asia Tenggara, Tak Terduga', daftar Hp paling laris di Indonesia dan seluruh negara di Asia Tenggara ini dirilis Canalys

Hal itu terbukti benar jika melihat 5 Hp terlaris di Asia Tenggara sebagai berikut:

1. Oppo A5s

Hp Oppo A5s menjadi Hp terbanyak diincar dengan 2,6 juta unit berada di pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Dijual dengan harga rentang Rp 1,5 hingga Rp 1,99 juta membuat Hp ini laris manis.
Dilansir dari GSMArena, harga dan spesifikasi Oppo A5s kurang lebih mirip dengan pendahulunya, Oppo A5. Namun, harga dan spesifikasi Oppo A5s terdapat sejumlah perbedaan.
Salah satu yang berbeda ada di sektor dapur pacu. Oppo A5 dibekali chip Snapdragon 450, sementara Oppo A5s kini dipersenjatai Helio P35. Kedua chip sejatinya sama-sama memiliki CPU Cortex-A53, namun Helio memiliki clockspeed yang lebih tinggi.

Perbedaan lain ada di GPU, Helip P35 menggunakan PowerVR GE8320, sama seperti yang ada di Helio P22. Untuk bagian layar, Oppo A5s memiliki bentang 6,2 inci panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520 piksel. Desain layarnya berbeda dari Oppo A5 yang menggunakan bilah "notch" memanjang. Oppo A5s lebih kekinian, menggunakan desain waterdrop screen atau takik mungil di atas layar.

Untuk sektor kamera, Oppo masih menyematkan konfigurasi yang sama, yakni 8 megapiksel untuk kamera depan. Kamera ganda yang terususun horisontal di belakang juga masih sama. Kamera utama beresolusi 13 megapiksel dan kamera sekunder 2 megapiksel.Oppo A5s hanya memiliki satu varian memori yakni RAM 3 GB dan memori internal 64 GB.

Sayangnya, Oppo A5s masih menjalankan Android 8.1 Oreo yang dilapis antarmuka ColorOS 5.2, bukan Android 9.0 Pie dan ColorOS 6 terkini. Oppo A5s memiliki baterai berkapasitas 4.230 mAh.
Ada dua varian warna yang bisa dipilih yakni merah dan hitam.

2. Samsung Galaxy A10

Samsung masih tetap bermain untuk Hp di kalangan menengah ke bawah. Terbukti dengan kehadiran 2,2 juta unit Galaxy A10 di pasar Asia Tenggara. Samsung menawarkan Galaxy A10 dengan harga mulai dari Rp 1,69 juta. Ponsel ini hadir untuk menyasar komsumen mereka yang berada di kelas menengah, hal ini nampak jelas dari kisaran harga yang di tawarkan. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut ingin memberikan smartphone dengan spesifikasi yang terbilang lumayan

Samsung Galaxy A10 hadir dengan menggunakan layar LCD IPS dengan resolusi 720x1590 pixels.
Tentunya hal tersebut membuat Galaxy A10, tidak memiliki kualitas layar yang sebagus smartphone dengan layar AMOLED. Tapi jangan kecewa dulu, pasalnya layar smartphone satu ini sudah menggunakan Infinity-V. Ditambah dengan ukuran layar 6.2 inci, menawarkan kenyamanan bagi para penggunanya saat bermain game atau berselancar multimedia.

Masuk pada bagian desain, Samsung Galaxy A10 tidak jauh berbeda dengan Galaxy A30 dan A50, body ponsel ini menghadirkan perpaduan kaca dan plastik. Namun demikian desain pada Galaxy A10 tetap tidak terlihat murahan. Memiliki dimensi 155.6 x 75.6 x 7.9 mm, sehingga bobot ponsel ini terbilang masih nyaman saat digenggam. Dan hadirnya Galaxy A10 menawarkan tiga macam warna hitam, biru dan merah.

Dengan harga yang terbilang terjangkau dapat dimaklumi jika Galaxy A10 dijalankan dengan RAM 2GB, serta ditopang dengan prosesor octa-core Exynos 7884 dan juga GPU Mail-G71 MP2.
Meskipun hanya dibekali dengan storage/ruang penyimpanan sebesar 32GB, namun para pengguna tidak perlu kahwatir mengingat Samsung telah menyediakan tempat khusus microSD card mencapai 512GB.

Untuk urusan memotret, pada bagian belakang Samsung Galaxy A10 hanya dibekali dengan kamera utama beresolusi 13MP. Serta pada kamera depan untuk bersua foto selfi hanya dibekali dengan kamera berlensa 5MP. Nampaknya ponsel ini kurang cocok bagi para penggemar dunia foto, mengingat minimnya spesifikasi yang ditawarkan pada kamera Galaxy A10. Smartphone ini hanya menawarkan baterai berkapasitas 3400 mAh, terlihat Samsung tidak hanya memangkas dari sektor kamera tapi termasuk pada bagian baterai.

Untuk menekan harga agar Samsung Galaxy A10 dapat dijual dengan harga yang terjangkau.
Sayangnya Samsung turut menghilangkan fitur fingerprint pada prangkatnya ini dan hanya membekalinya dengan face recognition, yaitu menggunakan kamera bagian depan.

3. Redmi Note 7






Kamera ganda di pungung Redmi Note 7 yang tersusun vertikal. Kamera utama beresolusi 48 megapiksel, bukaan lensa f/1.8 dan kamera sekunder 5 megapiksel, bukaan f/2.4. Kamera ganda di pungung Redmi Note 7 yang tersusun vertikal. Kamera utama beresolusi 48 megapiksel, bukaan lensa f/1.8 dan kamera sekunder 5 megapiksel, bukaan f/2.4 (Kompas.com/Wahyunanda Kusuma P)
Pernah disebut dengan Hp gaib karena sulit dicari, Xiaomi berhasil mengedarkan 2,1 juta unit Redmi Note 7 di pasar Asia Tenggara.

Di awal peluncurannya, Redmi Note 7 dibanderol dengan harga mulai Rp 1,9 juta dan spesifikasi tertingginya mencapai Rp2,5 juta, tetapi kini kamu bisa mendapatkannya di harga Rp 2 jutaan.
Dilansir dari GSMArena, spesifikasi Redmi Note 7 ini dibekali dengan dua kamera belakang 48 MP + 5MP dan LED Flash. Sehingga mampu menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan mudah.
Sementara kamera depannya beresolusi 13 MP yang sudah cukup baik untuk mengakomodasi foto selfie dan video call.

Xiaomi Redmi Note 7 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core, dengan paduan RAM yang mempunyai pilihan 3 GB, 4 GB, atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB. Sensor fingerprint yang hadir pada bagian belakangnya memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya menggunakan sidik jari. Selain itu, sensor mampu merespon sidik jari dengan cepat hanya dalam hitungan beberapa detik.

Tak hanya sensor fingerprint, Xiaomi Redmi Note 7 juga memiliki Face Unlock untuk membuka kunci menggunakan pengenalan wajah. Pihak Redmi by Xiaomi pun mengklaim bahwa Redmi Note 7 ini dapat dengan akurat menengali wajah. Dengan baterai 4000 mAh, Redmi by Xiaomi mengklaim bahwa Redmi Note 7 ini mampu bertahan selama 1 hari penuh dalam pemakaian normal
Xiaomi Redmi Note 7 ini memiliki desain yang hampir mirip dengan Mi 8 Lite, menggunakan gradasi sebagai warna utama. Redmi Note 7 ini memiliki layar IPS dengan lebar 6,3 inci yang berteknologi IPS dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depan. Poni atau notch berbentuk waterdrop pun telah hadir pada bagian atas layarnya.

4. Vivo Y91c

Vivo tak mau kalah dengan Hp Tiongkok lain. Beredar sebanyak 1,4 juta unit di Asia Tenggara, Vivo Y91c menawarkan harga Rp 1,69 juta di Erafone. Kamu akan mendapatkan prosesor Mediatek Helio P22 dengan 2 GB RAM. Layar Vivo Y91c memiliki resolusi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Oppo A5s, 720 x 1520 pixel. Baterai Vivo Y91c tak dapat dianggap remeh sebab memiliki baterai sebesar 4.030 mAh.

5. Oppo A3s

Rupanya Oppo tak puas dengan A5s, sebab Oppo A3s juga masuk dalam Hp terbanyak di pasar Hp Asia Tenggara. Oppo A3s saat ini dijual mulai dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 1,7 juta.
Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan prosesor Snapdragon 450 dengan pilihan 2/3 GB RAM. Dengan baterai mencapai 4.230 mAh, Hp ini cukup menemani kegiatan sehari-harimu.
Saat ini Oppo A3s beredar sebanyak 1,2 juta unit di pasar Asia Tenggara.


Source : tribunnews.com