Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 450

KONTAK PERKASA FUTURES - Sebuah SoC baru, untuk kelas menengah, beberapa waktu lalu diresmikan kehadirannya oleh Qualcomm. SoC ini merupakan SoC kelas menengah ketiga yang diperkenalkan Qualcomm pertengahan tahun 2017 ini setelah Snapdragon 660 dan Snapdragon 630 awal Mei 2017 lalu. Mereka menyebut SoC kelas menengah yang terbilang menarik ini sebagai Snapdragon 450.
Snapdragon

14 nm Pertama di Lini Snapdragon 400 Series

SoC ini merupakan pertama kalinya fabrikasi 14 nm FinFET digunakan di lini Snapdragon 400 Series, yang umumnya ditujukan untuk smartphone dengan harga di bawah Rp 2.5 juta. Snapdragon 450 ini mengusung prosesor octa-core dengan 8x Cortex A53 1.8 GHz, dengan dukungan memori LPDDR3 933 MHz single-channel. Qualcomm menyebutkan bahwa SoC ini akan menawarkan performa yang lebih baik, kurang lebih 25% di atas Snapdragon 435.
Snapdragon 450 - 03

Dukung Layar FullHD+

Snapdragon 450 menggunakan GPU Adreno 506, dengan dukungan untuk DirectX 12, OpenGL ES 3.1, dan Vulkan. Qualcomm menyebutkan bahwa GPU ini kini tidak hanya mendukung resolusi layar FullHD saja, tetapi FullHD+. FullHD+ sendiri menawarkan resolusi dengan rasio 18:9, hingga 2160 x 1080 piksel. Resolusi ini akan makin banyak digunakan di smartphone yang akan datang, dan SoC kelas menengah baru yang satu ini sudah resmi mendukungnya.
Snapdragon 450 - 02

Foto & Video yang Lebih Baik

Bila dibandingkan dengan SoC Snapdragon 400 Series lain, Snapdragon 450 ini disebut juga menawarkan dukungan untuk foto dan video yang lebih baik. SoC ini mendukung penggunaan sensor kamera hingga 21 MP atau Dual 13 MP. Untuk penggunaan dual-camera, SoC ini sudah mendukung real-time bokeh dan fitur Clear Sight dari ISP yang ada di dalamnya.
Sementara untuk video, SoC ini mendukung perekaman video 1080p 60 fps, dengan dukungan codec HEVC, baik untuk perekaman maupun pemutaran video. Sebelumnya, SoC di lini Snapdragon 400 Series hanya mendukung video 1080p 30 fps saja. Sementara untuk 4K, Qualcomm merasa dukungan perekaman video 4K masih belum dibutuhkan di kelas menengah.

Baterai Lebih Awet

Qualcomm menyebutkan bahwa SoC Snapdragon 450 ini mendukung lahirnya smartphone kelas menengah yang lebih hemat baterai bila dibandingkan dengan yang menggunakan Snapdragon 400 Series yang ada sebelumnya. Hal itu tentu saja didukung oleh fabrikasi 14 nm FinFET yang diusung. Selain itu, DSP Hexagon 546 yang ada di dalam SoC ini pun turut mendukung hal itu sembari tetap menyediakan kapabilitas always on/always connected.
Dukungan Quick Charge 3.0 juga telah dihadirkan di SoC ini. Qualcomm menyebutkan bahwa dengan isi ulang hanya 30 menit, smartphone dengan SoC ini bisa menawarkan penggunaan hingga seharian, berdasar tes internal mereka dengan perangkat ber-baterai 2750 mAh. Quick Charge 3.0 melalui USB Type C juga telah didukung oleh SoC ini.

Fitur Menarik

Beberapa fitur menarik untuk kelas menengah juga dihadirkan Qualcomm untuk Snapdragon 450, termasuk dukungan native untuk USB 3.0 dan WiFi AC. Modem Snapdragon X9 LTE dengan dukungan untuk LTE Cat. 6/Cat.7 juga disematkan ke dalam SoC ini. Fitur biometrik pun juga didukung oleh Snapdragon 450.

SoC Populer Baru untuk Smartphone Kelas Menengah-Bawah?

Melihat apa yang ditawarkan Qualcomm di Snapdragon 450, bisa jadi akan banyak smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau yang mengusungnya dalam waktu dekat. Qualcomm menyebutkan bahwa SoC ini akan disebarkan ke produsen mulai kuartal ketiga tahun ini. Smartphone yang mengusungnya diharapkan akan mulai dipasarkan akhir tahun nanti.
Snapdragon 450 - 01
Sepintas, SoC ini terlihat sangat mirip dengan Snapdragon 625. Memang, konfigurasi core prosesor, serta berbagai elemen lain dalam SoC ini mirip dengan yang ada di Snapdragon 625. Snapdragon 625 tetap akan menawarkan performa yang lebih baik dengan set fitur yang lebih premium bila dibandingkan SoC ini. Namun, harga smartphone dengan SoC ini akan lebih rendah dari yang menggunakan Snapdragon 625.

Source : jagatreview.com