Gedung Merdeka Akan Menjadi Tempat Konferensi Pemuda Asia-Amerika Latin

Gedung_Merdeka_Bandung

Setelah sukses menggelar peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika beberapa waktu lalu, bulan September 2015 mendatang, Kota Bandung akan menjadi tuan rumah untuk perhelatan Konferensi Pemuda Asia-Amerika latin. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh beberapa perwakilan dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) kepada wali kota Bandung Ridwan Kamil, Senin (11/5/2015).
“Bandung dipilih lagi karena kesuksesan KAA kemarin. Ini yang pertama,” kata pria yang kerap disapa Emil ini di Pendopo Kota Bandung, Senin sore dikutip dari laman Kompas.
Pada konferensi tingkat tinggi tersebut akan melakukan pembahasan tentang ekonomi kreatif, ekonomi maritim dan kemandirian pemuda di benua Asia dan Amerika Latin.
“Pembicaranya pemegang Nobel Perdamaian, Malal Yosef dari Pakistan,” ujarnya.
Selain Malal Yosef, Emil juga berencana mengundang tokoh muda yang sukses membangun situs jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg.
“Nanti ada para menteri yang terkait dengan isunya. Saya diminta untuk mengisi keynote saja,” imbuhnya.
Konferensi tersebut rencananya akan digelar di lokasi tempat penyelenggaraan KAA kemarin yakni di Gedung Merdeka. Ke depan, lanjut Emil, Bandung juga diusulkan menjadi markas diplomasi dunia.
“Kayak PBB, bikin markas perdamaian di New York,” sambung Emil.
Emil menjelaskan, penyelenggaraan konferensi tersebut nantinya akan berbarengan dengan hari jadi Kota Bandung yang diperingati setiap tanggal 25 September.
“Jatuhnya di tanggal 22-25 September. Sehingga pas dengan perayaan ultah Bandung,” tandasnya.