Emas Naik Empat Minggu Secara Berturut-turut

Reuters, NEW YORK / LONDON, (18/01) - Emas naik pada hari Jumat seiring melemahnya ekuitas AS, dana pembelian yang kuat dan permintaan fisik Asia mengangkat bullion ke kenaikan mingguan keempat secara berturut-turut.

Pasar terkejut dengan berita dari Deustche Bank yang menarik diri dari emas dan perak pengaturan patokan, atau memperbaiki, seiring regulator Jerman sedang menyelidiki dugaan manipulasi harga logam mulia oleh bank.


Naiknya harga emas telah didukung oleh penurunan ekuitas di awal tahun 2014 setelah rekor tertingginya tahun lalu. Namun, analis mengatakan bahwa suku bunga akan naik dan prospek ekonomi yang lebih baik bisa menekan harga emas.

Spot emas, yang jatuh pada sesi sebelumnya, naik 0,8 persen menjadi US$ 1,252.11 per ons pada 2:45 WIB.

Untuk minggu ini, emas naik 0,5 persen, memperpanjang kenaikan mingguannya secara beruntun selama empat minggu terakhir sejak September 2012.

Emas berjangka AS untuk pengiriman Februari ditutup naik US$ 11,70 pada level US$ 1,251.90 per ons, dengan volume perdagangan sekitar 40 persen di bawah rata-rata 250 hari, data Reuters awal menunjukkan.

Emas naik pada hari Jumat terhadap headwinds dari dolar yang lebih kuat setelah data AS mendukung pandangan ekonomi terbesar dunia yang cukup membaik untuk menjaga langkah-langkah pengurangan stimulus oleh Federal Reserve.

Data menunjukkan produksi industri AS naik dalam 3-1/2 tahun terakhir pada kuartal keempat seiring aktivitas pabrik menutup tahun pada catatan yang kuat, menandakan prospek cerah perekonomian. (izr)