Wall St. tembus rekor baru

wallstreet bandung
New York, Bloomberg (1/08) – Saham-saham AS reli pada hari Kamis, mengirim Indeks Standard & Poor 500 ke atas 1.700 untuk pertama kalinya setelah bank sentral berjanji untuk mempertahankan stimulus dan data manufaktur global mengalahkan perkiraan.

Indeks S & P 500 naik 1,3 persen menjadi 1,706.87 di New York. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 128,48 poin, atau 0,8 persen ke rekor baru 15,628.02. Sekitar 6,8 miliar saham berpindah tangan atau 7 persen di atas rata-rata tiga bulan.

The Fed mengatakan kemarin bahwa inflasi yang masih rendah dapat menghambat perekonomian dan berjanji untuk terus membeli obligasi senilai $85 milyar setiap bulan. Pernyataan itu muncul setelah rilis data yang menunjukkan ekonomi AS tumbuh lebih dari yang diproyeksikan pada kuartal kedua. Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi mengatakan bahwa sinyal indikator ekonomi baru-baru mengisyaratkan wilayah euro telah melalui saat-saat terburuk dan menegaskan bahwa para pejabat berencana untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk masa mendatang.

Manufaktur di AS tumbuh pada laju tercepat dalam lebih dari dua tahun terakhir setelah tingkat pesanan dan produksi melonjak, menurut Institute for Supply Management. Laporan terpisah juga menunjukkan aktivitas manufaktur luar neger tumbuh lebih dari perkiraan termasuk di China dan Eropa.

Di AS, aplikasi untuk pembayaran asuransi pengangguran turun sebesar 19.000 menjadi 326,000 dalam pekan yang berakhir 27 Juli, paling sedikit sejak Januari 2008 berdasarkan Departemen Tenaga Kerja AS di Washington. Perkiraan median dari 50 ekonom yang disurvei Bloomberg adalah untuk 345,000 aplikasi. (brc)