Data ekonomi makin beri kecemasan pemangkasan stimulus the Fed

New York, Bloomberg (15/08) – Pasar saham AS catat kejatuhan terbesar sejak Juni setelah perkiraan dari Cisco Systems Inc dan Wal-Mart Stores Inc yang mengecewakan, sementara membaiknya data ekonomi mendorong imbal hasil obligasi yang lebih tinggi di tengah kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan mengurangi stimulus bulan depan.

Index Standard & Poor 500 tergelincir 1,4 persen, terbesar sejak 20 Juni ke posisi 1,661.32, dan Indeks Dow Jones Industrial Average turun 225,47 poin, atau 1,5 persen ke 15,112.19, level terendah sejak 3 Juli.


Laporan ekonomi hari ini menunjukan bahwa klaim untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu ke level terendah dalam hampir enam tahun terakhir, memberi isyarat bahwa pasar tenaga kerja AS terus membaik. Biaya hidup naik pada bulan Juli untuk bulan ketiga beruntun, mendukung ekseptasi The Fed bahwa inflasi akan bergerak mendekati target.

Produksi industri di AS tidak berubah pada bulan Juli. Laporan the Fed terpisah menunjukan bahwa manufaktur di wilayah Philadelphia dan New York terekspansi pada bulan Agustus di laju yang lebih lambat dari yang diantisipasi.

The Fed, mungkin akan mengurangi pembelian obligasi bulanan nya $ 85 milyar pada pertemuan pada 17-18 September mendatang, menurut 65 persen ekonom yang disurvei oleh Bloomberg sejak 9 - 13 Agustus.

Wal-Mart turun 2,6 persen menjadi $ 74,41. Pengecer terbesar di dunia itu memangkas proyeksi laba tahunan  dan Cisco tenggelam 7,2 persen menjadi $ 24,49 setelah produsen terbesar peralatan jaringan itu mengatakan pendapatan untuk kuartal saat ini sampai Oktober akan berada dikisaran $ 12.2 milyar - $ 12,5 miliar. Rata-rata analis telah memproyeksikan penjualan sebesar $ 12,5 miliar.