Penguatan dolar, ekuitas tekan emas pagi ini

Dollar KPF Bandung
Reuters, (24/5) - Emas beringsut lebih rendah pada Jumat pagi di Singapura karena dolar dan ekuitas kembali mendapat momentum setelah sesi perdagangan yang volatile di hari sebelumnya, dan karena kepemilikan di exchange-traded funds bullion jatuh ke posisi terendah empat tahun yang baru.

Spot emas turun 0,17 persen di $ 1,388.36 per ounce pada pukul 07:30 WIB, tidak jauh dari posisi terendah dua tahun di $ 1,321.35 yang terlihat pada pertengahan April. Emas AS turun 0,31 persen menjadi $ 1,387.5.

Emas naik sebanyak 2 persen menjadi $ 1,397.35 pada hari Kamis karena investor mencari status safe-haven setelah dolar dan pasar ekuitas terpukul oleh data manufaktur China dan Amerika Serikat yang menunjukkan laju manufaktur yang telah melambat.

Kekhawatiran atas batasan waktu dalam penarikan program stimulus AS yang belum pasti bahkan ketika Ketua Federal Reserve Ben Bernanke mengatakan bahwa ekonomi harus menunjukkan lebih banyak tanda-tanda kemajuan sebelum program pelonggaran moneter bisa dihentikan.

SPDR Gold Trust, exchange-traded fund terbesar di dunia mengatakan bahwa kepemilikan sahamnya jatuh 0,15 persen ke posisi terendah empat tahun di 1.018,57 ton pada hari Kamis. (brc)