Meningkatnya optimisme ekonomi bawa S&P reli ke rekor baru

New York, Bloomberg (14/05) – Index Standard & Poor 500 ke rekor tertinggi untuk kedelapan kali dalam sembilan sesi terakhir di tengah meningkatnya optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika. Saham-saham keuangan mencatt kenaikan paling besar di antara 10 kelompok industri S & P 500 setelah manajer hedge-fund, David Tepper menyebut bank-bank AS sebagai 'sector yang baik.' Bank of America Corp dan Citigroup Inc naik lebih dari 2,4 persen.

Index S & P 500 naik sebesar 1 persen menjadi 1,650.34 di New York. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 123,57 poin, atau 0,8 persen, ke rekor 15,215.25 dengan sekitar 6,2 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, atau 1,9 persen di bawah rata-rata tiga bulan.


'Ada pola dorongan pertumbuhan yang berkelanjutan pada data ekonomi,' kata Alan Gayle, senior strategist dari RidgeWorth Capital Management. 'Apa yang membantu pasar adalah keyakinan bahwa risiko penurunan saham terbatas untuk saat ini.'

Keyakinan dikalangan usaha kecil naik pada bulan April ke level tertinggi enam bulan karena prospek perekonomian dan penjualan yang cerah, berdasarkan index optimisme dari Federasi Nasional Bisnis Independen.

Tepper, pendiri dan pemilik Appaloosa Management LP, mengatakan dalam sebuah wawancara di CNBC bahwa ia masih bullish dan ekonomi semakin membaik. Tepper, yang memimpin peringkat perolehan pendapatan tertinggi untuk Investor institusinya  tahun lalu hingga US $ 2,2 miliar mengatakan pada bulan Januari dalam sebuah wawancara televisi Bloomberg bahwa AS 'berada di ambang ledakan kebesaran.' (brc)