Emas Berbalik Lebih Tinggi

MarketWatch (16/4) - LONDON — Harga emas berbalik lebih tinggi pada hari Selasa, dengan pergerakannya yang mengikuti sebuah aksi jual emas yang terburuk sejak tahun 1980 yang memicu terhadap sebuah peningkatan dalam jumlah uang yang dibutuhkan para investor untuk memperdagangkan kontrak emas berjangka.

Emas untuk pengiriman bulan Juni melawan penurunan dan naik sebesar 2.2% sebanyak $30.20 menuju level $1,391.20 per ons.


Emas berjangka pada hari Senin kemarin turun sebesar 9.3% sebanyak $140.30 menuju level $1,361.10 per ons pada divisi Comex di New York Mercantile Exchange, penurunan tersebut menandakan persentase penurunan selama satu hari terbesar terhadap logam berharga tersebut sejak bulan Februari 1983, penurunan dollar selama satu hari terhadap emas merupakan yang terbesar sejak bulan Januari 1980 dan kedua yang terbesar dalam sejarahnya.

CME Group Inc.,yang merupakan perusahaan induk dari logam utama tersebut dan energy exchanges di A.S mengatakan pada hari Senin kemarin bahwa hal tersebut telah meningkatkan persyaratan collateral untuk trading dalam acuan emas, perak dan kontrak logam berharga berjangka yang lainnya.

Collateral, atau marjin, untuk acuan perdagangan emas berjangka Comex 100-troy-ons akan meningkat sebesar 19% dan marjin terhadap perdagangan perak akan naik sebesar 18%, sementara peningkatan terhadap marjin cenderung akan diterapkan selama kurun waktu pada gejolak dimarket.

Peningkatan tersebut bersifat sangat efektif pada penutupan sesi bisnis perdagangan dihari Selasa ini.

Sentimen terhadap emas telah menderita setelah terjadinya pemotongan terkini terhadap perkiraan harga logam tersebut, sama halnya dengan outflow dari produk exchange-traded emas, sementara Goldman Sachs pada pekan lalu telah merendahkan perkiraan harga nilai rata-rata emasnya untuk tahun 2013 sebanyak $1,545 per ons, yang menjadi level logam tersebut pada hari Jumat yang lalu.(tito)