Pertumbuhan A.S mengharapkan Saham pelampung, Euro

Reuters (15/3) – Saham dunia menuju gain di minggu kedua dan euro berada pada minggu terbaiknya sejak awal Februari pada hari Jumat seiring bukti pertumbuhan terhadap pemulihan A.S yang mendongkrak selera investor untuk asset yang lebih beresiko.

Index FTS Eurofirst 300 Eropa yang sedang berada dijalur peningkatan mingguan keempatnya, sebagian besar sudah stabil pada perdagangan awal yang melayang mendekati puncak 4 ½ tahunnya, sementara Index FTSE 100 London, Paris dan DAX Frankfurt berada datar menurun hingga 0.2%.


Data pada pekerjaan A.S, penjualan retail dan inflasi minggu ini telah meyakinkan banyak investor bahwa pemulihan kondisi ekonomi terbesar dunia sedang meraih momentum, meskipun terdapat kenaikan pajak dan potongan belanja pemerintah.

Kekurangan harga tekanan telah meredam kecemasan bahwa Federal Reserve akan butuh untuk mempertimbangkan jalan keluar yang lebih awal terhadap pelonggaran kuantitatif yang agresif tersebut (QE) kebijakan telah membantu mendukung harga-harga asset diseluruh dunia.(tito)