Kecemasan zona euro pertahankan harga emas pada level tertinggi 2 pekan

Reuters, (13/3) - Emas diperdagangkan sedikit berubah pada Rabu pagi, bertahan di dekat dua minggu tertinggi ayng tercatat di sesi sebelumnya ketika bank sentral Jerman menyatakan kecemasannya tentang krisis zona euro dan risiko dari langkah-langkah yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa untuk membendung krisis di kawasan tersebut.

Spot emas berada pada $ 1,592.19 per ounce pukul 07:31 WIB, melemah dari sesi sebelumnya di $ 1,598.2, yang tertinggi sejak 28 Februari.

Emas AS diperdagangkan hampir datar pada level $ 1,591.50.


Kepemilikan SPDR Gold Trust, exchange-traded funds emas terbesar di dunia yang diperdagangkan di bursa jatuh untuk sesi keempat ke 1,236.307 ton pada tanggal 12 Maret kemarin, terendah sejak Oktober 2011. (brc)

Bundesbank Jerman mengatakan bahwa krisis zona euro yang telah mereda sebagai akibat dari janji-janji pendanaan Bank Sentral Eropa, belum selesai dan telah menyisihkan miliaran euro lebih terhadap apa yang dianggap sebagai langkah bank sentral yang beresiko.

Biaya pinjaman Italia akan naik pada hari Rabu di penjualan pertama dari obligasi jangka panjang sejak Fitch memangkas peringkat kreditnya, namun permintaan untuk hasil (yield) yang tinggi dan perlindungan dana dari Sentral Eropa Bank akan berpotensi meningkat, kata para analis. (brc)