Harga emas mendaki, mengakhiri penurunan 4 hari

Kontan (05/3) SINGAPURA. Setelah didera penurunan selama empat hari belakangan, harga kontrak emas akhirnya ditransaksikan naik. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, siang ini, harga kontrak emas di pasar spot naik sebesar 0,4% menjadi US$ 1.580,73 per troy ounce. Pada pukul 12.37 waktu Singapura, harga emas diperdagangkan di level US$ 1.579,93 per troy ounce.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran April juga menanjak sebesar 0,5% menjadi US$ 1.579,70 per troy ounce.

Faktor apa yang menyebabkan kenaikan harga emas? Rupanya, kenaikan harga emas terjadi seiring spekulasi investor bahwa bank sentral dari AS, Eropa, hingga Jepang akan tetap mempertahankan kebijakan stimulus untuk menyokong pertumbuhan ekonomi mereka.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Vice Chairman Federal Reserve Janet Yellen bilang, bank sentral AS harus terus melanjutkan kebijakan pembelian surat utang AS bulanan senilai US$ 85 miliar.

Sementara, Haruhiko Kuroda, kandidat Gubernur Bank of Japan bilang, dia akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk mengakhiri deflasi yang sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir.

"Sepertinya, bank sentral global akan tetap mempertahankan pelonggaran kebijakan moneter saat ini. Hal tersebut akan menyokong pergerakan emas dan logam mulia lainnya secara umum," papar Xiang Nan, analis Citics Futures Co.

http://investasi.kontan.co.id