Emas naik sebagai alternatif dari penurunan dollar

New York, 14/03 (Bloomberg) – Emas berjangka naik untuk kelima kalinya dalam enam sesi terakhir mengikuti penurunan dolar yang mendorong permintaan untuk logam mulia sebagai alternatif investasi.

Greenback turun sebanyak 0,6 persen terhadap sekeranjang mata uang setelah mencapai level tertinggi sejak Agustus. Sementara berdasarkan laporan dari pemerintah AS, Jumlah orang Amerika mengajukan klaim untuk manfaat pengangguran rata-rata sebesar 346.750 dalam empat pekan lalu, terendah sejak Maret 2008. Bulan lalu, emas turun 5 persen karena dolar menguat hingga 3,5 persen.


'Kami melihat aksi jual dolar setelah angka pekerjaan lebih baik dari perkiraan dan kenaikan yang sesuai dalam bentuk emas,' kata Scott Gardner dari Verdmont Capital SA di Panama City, dalam sebuah wawancara telepon.

Emas berjangka untuk pengiriman April naik 0,1 persen untuk menetap di posisi $ 1,590.70 per ounce pada pukul 01:37 pm di Comex, New York. Sebelumnya, harga turun sebanyak 0,8 persen pada kekhawatiran bahwa Federal Reserve mungkin akan mengakhiri pembelian obligasi bulanan. Logam telah menurun 3,2 persen dalam 12 bulan terakhir.

Sementara itu, perak berjangka untuk pengiriman Mei turun 0,5 persen menjadi $ 28,807 per ounce. Harga telah turun 4,7 persen tahun ini. (brc)