Emas Naik Ditengah Kehati-hatian Kelanjutan Reli Saham

New York, 06/03 (Reuters) – Emas naik pada hari Rabu, tetapi analis memperkirakan breakout pada saham Wall Street ke level tertinggi baru dan data yang menunjukkan ekonomi AS membaik akan menekan safe-haven logam mulia.

Berita lain dari pembelian emas oleh bank sentral Korea Selatan bulan lalu dan berharap bahwa outflow reksa dana exchange-traded funds (ETFs) emas akan mereda memberikan support. Bullion telah meningkat untuk hari kedua setelah turun selama empat sesi beruntun.

Pasar ekuitas Amerika kembali naik ke dalam wilayah yang belum dipetakan, dengan Dow Jones kembali mencatat intraday tertinggi untuk sesi kedua ditengah  dorongan positif data pekerjaan dan manufaktur. Sebuah survei ekstensif oleh cabang-cabang regional Federal Reserve menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan pada bulan Januari juga mendorong pasar saham.

Spot emas naik 0,4 persen pada posisi $ 1,580.70 per ounce pukul 03:42 WIB, bergerak dalam kisaran sempit kurang dari $ 20.

Harga emas turun hampir 6 persen sejauh tahun ini dan turun sekitar 18 persen dari rekor tertinggi $ 1,920.30 per ons yang tercipta pada bulan September 2011 lalu.

Emas berjangka Comex di AS untuk pengiriman April menetap tidak berubah dari penutupan Selasa di $ 1,574.90, dengan volume perdagangan sekitar 20 persen di bawah rata-rata 30-hari berdasarkan data awal Reuters.

Bullion rebound ditengah penguatan dolar yang diuntungkan oleh kejatuhan euro pada spekulasi tentang masa depan pemotongan suku bunga sehari sebelum pertemuan penetapan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB).

ECB, Bank of England dan Bank of Japan semua diharapkan untuk tetap pada kebijakan moneter ultra-mudah pada pertemuan hari Kamis, menyusul jaminan oleh pejabat Federal Reserve bahwa program stimulus mereka tetap berlanjut. (brc)