Emas flat pasca payroll AS, lonjakan paladium

New York, 08/03 (Reuters) – Emas diperdagangkan flat pada hari Jumat,mengakhiri minggu ini dengan gain tipis, setelah data menunjukkan perbaikan ekonomi AS, tetapi tidak cukup untuk Federal Reserve untuk menghentikan stimulus, kata para analis.

Palladium naik lebih dari 3 persen ke tertinggi 19-bulan akibat kekhawatiran pasokan dan booming-nya permintaan otomotif memicu pembelian. Peningkatan pengiriman fisik berjangka palladium AS juga mensugestikan meningkatnya permintaan dari end-user.


Emas turun 1 persen di sesi sebelumnya setelah data menunjukkan employer AS menyerap 236.000 pekerja ke dalam payrolls mereka pada bulan Februari dan tingkat pengangguran turun ke angka terendah empat tahun.

Emas kemudian menghapus pelemahannya karena diuntungkan oleh kekhawatiran bahwa pemotongan belanja seluruh bidang di Washington bisa memperlambat pemulihan ekonomi.

'Kita memang melihat short-covering dan fresh hedge-fund yang minim datang kembali lantaran angka payroll sedang ditaksir kembali sebagai satu faktor yang tidak cukup untuk mengubah kebijakan The Fed, ' kata James Steel, analis logam mulia di HSBC.

Dalam seminggu, emas naik 0,2 persen, mengakhiri pelemahan 3-minggu secara beruntun. Emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik $1,80 ons pada posisi $1,576.90, dengan volume perdagangan sekitar 15 persen di atas rata-rata 30-hari, data awal Reuters menunjukkan.

Data optimis AS telah memicu selera untuk aset berisiko seperti ekuitas dengan melepas emas. Indeks Dow naik all-time high untuk hari keempat berturut-turut. Meskipun lonjakan pertumbuhan pekerjaan telah meningkatkan peluang kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan, diperkirakan memerlukan waktu beberapa bulan lagi dengan data pekerjaan yang kuat bagi Fed untuk mengurangi pembelian obligasi dan suku bunga tidak akan naik selama setidaknya satu tahun setelah itu, kata para analis. (rf)