Wall Street Turun Ditengah Perdebatan Stimulus


New York, Bloomberg (20/02) – Saham-saham AS jatuh dari lima tahun tertingginya dan membawa Indeks Standard & Poor 500 penurunan terbesar sejak November setelah rilis notulen dari pertemuan terakhir Federal Reserve menunjukkan adanya perdebatan terhadap tindakan stimulus lebih lanjut.

Indeks Standard & Poor’s 500 tergelincir 1,2 persen pada level 1,511.95 di New York. Indeks Dow Jones Industrial Average turun 108,13 poin, atau 0,8 persen ke posisi 13,927.54.

Risalah pertemuan 29-30 Januari dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang dirilis hari ini menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan terbagi pendapat mengenai strategi di balik program pembelian obligasi ketua the Fed, Ben S. Bernanke sampai ada perbaikan secara 'substansial' dalam pasar tenaga kerja AS yang saat ini terbebani dengan angka pengangguran 7,9 persen.

Beberapa orang mengatakan bahwa mempercepat akhir dari program tersebut mungkin akan diperlukan, dan yang lain  memperingatkan bahwa penarikan dini dari stimulus akan memberikan dampak negatif. Sementara, beberapa anggota lagi mengatakan bahwa bank sentral harus siap untuk memvariasikan laju pembelian obligasi yang saat ini berada pada $ 85 miliar secara bulanan. (brc)
 
Bloomberg.com