Kekhawatiran Seputar Stimulus AS Pertahankan Emas Dikisaran Terendah 7-Bln

Reuters, (21/2) - Emas rebound setengah persen pada Kamis pagi, namun tetap berada di dekat tujuh bulan terendah yang tercatat pada sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran bahwa Federal Reserve bisa menghentikan atau memperlambat program pembelian obligasinya.


Emas jatuh bersama dengan komoditas lainnya, di tengah spekulasi bahwa hedge fund telah dipaksa untuk melikuidasi posisi di seluruh logam dan pasar minyak.

Spot emas naik hampir setengah persen ke $ 1,569.26 per ounce pada pukul 07:34 WIB, setelah jatuh ke $ 1,558.24 di sesi sebelumnya - level terendah sejak Juli lalu. Harga jatuh 2,6 persen pada Rabu kemarin, dicatat sebagai penurunan harian terbesar dalam setahun terakhir.

Emas AS turun 0,6 persen menjadi $ 1,569.20 per ounce.

Sejumlah pejabat Federal Reserve berpikir bahwa bank sentral mungkin harus memperlambat atau menghentikan membeli obligasi sebelum terlihat adanya perbaikan dalam pasar tenaga kerja karena program ini dirancang hanya untuk menghantarkan proses tersebut, menurut risalah dari pertemuan kebijakan bank sentral bulan lalu.

Sementara itu, Departemen Perdagangan India telah merekomendasikan penghentian impor perhiasan emas dari Thailand, yang dikenakan pajak hanya 1 persen di bawah perjanjian bilateral sementara impor dari negara lain dikenakan pajak sebesar 10 persen. (brc)

Reuters.com