Harga Emas Rebound oleh Kenaikan Pembelian Fisik

(Vibiznews – Commodity) – Pada perdagangan elektronik hari ini harga emas terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan (19/02). Harga logam mulia ini terangkat di tengah maraknya aksi pembelian fisik emas setelah para trader China kembali dari liburan panjang minggu lalu. Akan tetapi masih kurangnya minat investor di AS dan Eropa serta kenaikan nilai tukar dolar membatasi peningkatan harga emas tersebut.


Minggu lalu harga emas membukukan penurunan mingguan sebesar 3% - penurunan terbesar dalam sembilan bulan belakangan. Pasar minggu lalu sepi karena pasar China libur selama satu minggu untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Akan tetapi tingginya pembelian dari investor di Asia masih terhalang oleh kondisi pasar AS dan Eropa yang cenderung santai.

Hari ini harga emas spot tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga emas spot menguat ke posisi 1613.80 dolar per troy ons, membukukan kenaikan sebesar 4.15 dolar dari posisi penutupan perdagangan dini hari tadi. Harga emas berjangka mengalami peningkatan sebesar 0.3% dan ditransaksikan pada posisi 1614.50 dolar per troy ons.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas akan cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Harga emas diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1607 – 1617 dolar per troy ons.

VIBIZNEWS.COM