Emas Bertahan Diatas 7-Bulan Terendah

Reuters, (25/2) - Emas berdetak lebih rendah pada Senin pagi karena investor berhati-hati terhadap hasil pemilu yang tak terduga di Italia dan dampaknya terhadap euro, namun bullion masih bertahan di atas level terendah 7-bulan yang tercatat pekan lalu.

Fokus juga akan beralih ke survei aktivitas sektor manufaktur China yang dikeluarkan oleh HSBC untuk bulan Februari pada pukul 08:45 WIB setelah pertumbuhan di sektor manufaktur negara itu terakselerasi ke level tertinggi dalam dua tahun terahir pada bulan lalu.


Emas telah turun $ 4,10 per ounce menjadi $ 1,576.20 pukul 07:30 WIB, setelah membukukan keuntungan moderat pada Jumat pagi. Harga mencapai titik terendah dalam tujuh bulan terakhir $ 1,554.49 pada hari Kamis lalu setelah risalah notulen yang dikeluarkan dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve AS memicu kekhawatiran bahwa bank sentral AS tersebut mungkin akan menghentikan atau memperlambat program pembelian obligasinya.

Emas AS untuk April berada di $ 1,575.70 per ounce, naik $ 2,90.

Rusia dan Turki keduanya meningkatkan kepemilikan emas mereka untuk bulan kedua berturut-turut pada Januari berdasarkan data dari Dana Moneter Internasional yang ditunjukan Jumat lalu, menyoroti minat bank-bank sentral dalam diversifikasi sebagian dari cadangan mereka ke bullion. (brc)