Ekonomi Membaik, Emas Melemah


New York, 5/02 (Reuters) – Emas jatuh pada hari Selasa, mundur dari reli yang terjadi diawal karena keuntungan yang solid di pasar saham Amerika dan meningkatnya prospek ekonomi menekan daya tarik safe-haven logam.


Bullion naik di awal sesi setelah data menunjukkan bahwa impor emas bersih China dari Hong Kong mengalami melonjak 47 persen pada tahun 2012 ke rekor tertingginya.

Laporan itu konsisten dengan data resmi terbaru yang menunjukkan minat emas terus mengalir di antara bank sentral seperti Rusia, Korea Selatan dan negara-negara berkembang lainnya.

Spot emas turun 0,1 persen menjadi $ 1,671.80 per ounce pada pukul 02:42 WIB, mundur dari level tertinggi di hampir $ 1.685 pada sesi sebelumnya.

Emas berjangka AS untuk pengiriman April menetap turun $ 2,90 pada posisi $ 1,673.50, dengan volume perdagangan sekitar 10 persen di bawah 30-hari rata-rata berdasarkan data awal dari Reuters.

Tanda-tanda bahwa ekonomi zona euro mulai stabil juga menekan emas. Data index pembelian manager (PMI) Eurozone Composite dari Markit menunjukkan kenaikan ke level tertinggi 10-bulan pada bulan Januari, dan data sektor jasa Amerika Serikat juga mendorong investor masuk ke pasar ekuitas dan keluar dari pasar emas, kata analis.

Investor emas sekarang tengah mencerna laporan bahwa defisit anggaran di tahun fiskal 2013 Amerika akan turun ke $ 845 milyar setelah empat tahun berturut-turut mencapai defisit sebesar $ 1 triliun berdasarkan data dari Kantor Anggaran Kongres. (brc)